Selasa, 08 Desember 2015

Shadow And Bone



Pertama-tama, saya mau bilang;
Peduli amat tentang Rusia-nya, deh.
Saya nggak mau sok tahu, karena pengetahuan saya tentang budaya Rusia sangatlah minim. Tentang nick-name yang amat-sangat-tidak-nyambung dalam budaya mereka pun termasuk pengetahuan baru yang saya dapat waktu mengedit sebuah buku non-fiksi setahun silam. Plus, ini toh settingnya fiksi, bukan alternate Rusia. Jadi, okelah. Kalaupun ini memang Rusia-wannabe-yang-gagal, saya nggak akan bawel tentang itu.
Toh saya sendiri biasanya juga nggak terlalu memikirkan yang semacam itu, kecuali weeabo-nya udah akut.

Tapi, sebagai yang suka kisah action dan punya ketertarikan khusus pada akademi berbau militer dalam fikfan, saya akan tegaskan satu hal;

AKADEMI GRISHA MENDINGAN GANTI STATUS JADI AKADEMI BORJU GAJE AJA!!!

Akademi militer?
Tapi anak baru, yang notabene bukan orang yang 'tumbuh' di medan perang atau wilayah konflik bisa langsung 'klik' di sana?
Tidak ada culture shock berat?
Tidak ada tumbang - duh, setidaknya 'teler' akibat pelajaran yang MESTINYA tidak lazim?
Tidak ada pelajaran bertarung, fisika sihir, sejarah hitam dalam hukum internasional dan sebagainya?
Senior gila martial arts?
Atau setidaknya orang yang doyan menjajal kemampuan anak baru??
Alih-alih semua itu, saya malah diberi...
PENATA RAMBUT?

Oke, MUNGKIN... Sepertinya, ini agak tercampur dengan akademi militer yang memang dikhususkan untuk keluarga kerajaan.

TAPI!!
Sekali lagi saya mau teriak,
APA GUNANYA BIKIN SETTING AKADEMI MILITER KALAU SEMUA ASPEK KEHIDUPAN SEKOLAH YANG DITAMPILKAN TIDAK ADA BAU MILITERNYA!?
SAMA SEKALI!! TIDAK!! ADA!! MILITER-MILITERNYA!!!

Akademi Militer?
Hah!
Iya, Akademi Militer yang sudah terkena Iikagen Kutabare Kick alias Tendangan Cepat Mampus Sana Luh!!!


Tentang plot...
Saya mesti akui, IDE AWAL tidaklah jelek.
Sayangnya, kurang kuat untuk sebuah fiksi fantasi - setidaknya bagi standar saya pribadi.
Saya tidak minta yang super kelam, atau sok njelimet, kok.
Tapi, kalaupun mau pakai trope yang sudah kental, saya akan lebih menghargai kalau tidak pasang trope cowok-kelam-dingin-misterius!!
Akhir kata, saya mau coba lihat buku selanjutnya.
Tapi saya nggak mau berharap banyak, deh...
Mode saya untuk serial ini sudah masuk ke 'Di Dunia Ini Tak Ada Harapan Versi: Akademi Militer'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar